Cari Dakwah

Cara berjalan kaki menurut untuk laki laki dalam Islam

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 



Cara berjalan yang baik bagi lelaki adalah tegap, gagah, tenang tapi tidak lambat, tidak seperti orang malas, dan juga tidak gemulai. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjalan dengan energik (sebagaimana hadis yang kami cantumkan dalam gambar), mengerahkan tenaganya, bukan jalannya orang yang malas atau loyo. 

 

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika berjalan menghentakkan kakinya seakan-akan ia turun dari tempat yang tinggi.” (HR. At-Tirmidzi dalam Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah, no.120, disahihkan oleh Al-Albani dalam Mukhtashar Asy-Syamail). 

 

Ali Al-Qari menjelaskan makna hadis tersebut dengan mengatakan, “Maknanya, beliau berjalan dengan jalan yang kuat dan cepat. Dalam Syarhus Sunnah, ash-shabab artinya al-hudur, yaitu jalan yang digunakan untuk turun dari suatu tempat. Maksudnya, beliau berjalan dengan jalan yang kuat, dengan benar-benar mengangkat kakinya dari tanah, bukan seperti jalannya orang yang sombong atau seperti orang yang santai-santai” (Mirqatul Mafatih Syarah Misykatul Mashabih, 9/3704). 

 

Dan masih banyak lagi insya Allah adab-adab yang lain, yang jika kita renungkan ternyata membuat seorang lelaki menjadi lelaki sejati. Belum lagi jika kita membaca sirah para Nabi dan para sahabat, mereka adalah lelaki sejati, mereka gagah perkasa, baik dalam jihad ilmu maupun dalam jihad perang. 

 

Lalu bagaimana dengan lelaki di zaman ini? 

 

Penulis: Ustadz Yulian Purnama 

Artikel: Muslim.or.id 


📷 @thesunnah_path x @iputudjonie

.

.

#yukngaji #manhajsalaf #ilmusyari #berilmusebelumberamal

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments